"Hari gini gesek-gesek BABI NGEPET?! KUNO B.G.T. Tauk!! Di jaman MODERN yang serba Go-Internasional ini, cukup gesek Kartu saja buat ambil duit dari hasil Online Ngepet se-Dunia!! Klik di sini untuk daftar Kartu buat Ngepet & dapatkan BONUS $25!!"
[Farid Primadi, praktisi Online Ngepet]

Monday, October 26, 2015

Ngepet dengan Metode "Nyantol" yang legal

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa metode / cara "nyantol" yang diperbolehkan; terutama untuk tujuan promosi produk-produk afiliasi kita (misalkan produk yang ada di ClickBank).

Metode "cantol-menyantol" ini sebenarnya bukanlah hal baru maupun bukanlah hal yang luar biasa bagi beberapa orang affiliate marketers, dan pula merupakan salah satu bentuk "shortcut" untuk mem-bypass macam-macam kendala yang sifatnya sementara (temporary); terutama kendala dari segi ketersediaan resources, kemampuan teknis, keterbatasan waktu, dsb. Metode ini sangat cocok sekali untuk para newbies yang baru akan memulai mencoba dunia ngepet online, maupun untuk para super-affiliates yang lagi kepepet hendak kejar setoran -- misalkan kepepet deadline natal & tahun baru, summer / musim panas, halloween, thanksgiving, valentine day, liburan sekolahan, imlek, mudik lebaran, dst. :)))



Langsung saja kita mulai....

Di sini, saya hanya akan membahas 2 metode Nyantol yang saya ketahui. yakni:

  1. Nyantol Konten Orang Lain
  2. Nyantol Trafik dari Situs dan/atau List Orang Lain



Nyantol Konten Orang Lain

Konten di sini bisa berupa artikel maupun video (bisa pula audio, slideshow, gambar, dsb). Kalau Anda hendak meng-copy-paste-kan artikel orang lain ke situs Anda, sebaiknya disertakan pula sumber link/tautannya. Tapi di sini saya tidak akan bahas soal copy-paste, yang mana semua anak sekolahan bisa melakukannya secara manual.... auto-posting, auto-spinning, auto-inserting (links, text, images), dsb adalah lebih baik daripada hanya sekedar copy-paste secara manual satu per satu.

Pertama-tama saya akan menguraikan bagaimana cara menyantol video orang lain. Daripada bingung mau bikin video apa, Anda bisa saja nyantol video-video orang lain yang sudah ada / tersedia. Apalagi jika Anda malas repot-repot download / upload video, malas edit-edit video, malas keluar duit buat dibikinin video oleh layanan pihak ke-tiga, dsb. Maka dengan cara nyantol video ini; Anda bisa menghemat banyak waktu, biaya, tenaga, pikiran, dst.

Mungkin di antara Anda akan bertanya-tanya dalam hati: "Kenapa mesti nyantol video sih???"

Hey, come on guys... are you kidding me? Video is more better than text and/or picture. Period!

Bahkan, pada kebanyakan sales-pages dari banyak produk afiliasi yang populer dan cukup laris, satu halaman sales-page utamanya berisi hanya sebuah video yang langsung autoplay begitu situsnya dibuka oleh si pengunjung (malah halaman teks/gambar yang sifatnya secondary itu baru akan muncul di exit-page). Bener khan??

Memang, model Video Sales Letter (VSL) ini cukup banyak pengaruhnya dalam mendongkrak atau meningkatkan nilai konversi penjualan / sales.

Di sini saya hanya akan membahas cara nyantol video yang legal atau memang diperbolehkan, misalnya nyantol video orang lain yang ada di YouTube (situs-situs video lainnya pun bisa kok dicantol, dan legal). Saya tidak akan menjabarkan cara-cara yang curang atau ilegal di sini, cara-cara semacam itu bisa Anda telusuri sendiri di forum-forum komunitas BlackHat dan semacamnya (bukan di blog Ngepet yang jujur, bersih, dan ikhlas ini).

Dengan cara ini, Anda bisa menyantol video orang lain dan langsung bisa mempromosikan produk afiliasi Anda; yang mana video yang akan dicantol, di-embed-kan ke situs Anda sendiri, lalu kemudian Anda cukup menambahkan link afiliasi Anda pada halaman situs Anda tersebut. Gampang banget khan??

Contoh video yang dicantol bisa Anda lihat terpampang nyata di bawah ini: (silahkan di-klik tombol play untuk menjalankannya)



Cara nyantolnya hanya dengan menyisipkan kode HTML pada situs Anda. Untuk contoh video di atas, kode HTML-nya bisa dilihat di bawah ini:

<div align="center"><iframe allowfullscreen="no" frameborder="0" height="300" src="https://www.youtube.com/embed/zEZTrJ7R6Yc?autoplay=0&amp;rel=0&amp;controls=0&amp;showinfo=0" width="533"></iframe></div>

Jika Anda ingin agar videonya otomatis berjalan, maka nilai / value untuk parameter atribut yang berwarna merah di atas, diganti menjadi autoplay=1. Anda tinggal meng-copy-paste-kan kode HTML di atas pada situs Anda. Mudah sekali bukan?? Jika Anda ingin mencantol video YouTube yang lainnya, tinggal diganti saja video-ID di atas (yang berwarna biru, dimana dari contoh di atas adalah zEZTrJ7R6Yc) dengan video-ID lain yang akan dicantol.

Namun perlu diketahui, jika Anda adalah pula seorang advertiser, beberapa pihak penyedia jasa iklan (misalnya Google Adwords, dsb) tidak memperbolehkan advertisers memasang iklan yang menuju ke halaman situs yang berisi video yang autoplay. Begitu pula dengan pelarangan pemasangan script untuk popup, popunder, autoredirect, dsb. Sebaiknya, dibaca-baca TOS-nya (Terms of Service) terlebih dahulu dengan seksama sebelum membuat sebuah campaign atau memasang iklan, agar tidak bermasalah sewaktu mereka review.

Sebagai catatan tambahan yang tidak terlalu penting atau signifikan; YouTube tidak akan menambahkan view-count pada video yang dimainkan secara autoplay (sumber: https://gigaom.com/2008/07/23/youtube-says-autoplays-dont-count/). Sebenarnya hal ini masih dalam perdebatan banyak pihak, apakah YouTube masih menerapkan hal yang demikian ataukah policy-nya sudah berubah... entahlah. Kalau berdasarkan dari situs resmi YouTube / Google yang saya telusuri, dapat disimak dari link/tautan ini https://support.google.com/youtube/answer/1714329?hl=en-GB - dan dari link/tautan tersebut, nyata terpampang sangat jelas membahana kalimat berikut ini:

Note that just active views will be counted and that it won’t include views from videos set to autoplay.

Jadi, pihak-pihak yang masih kepengen berdebat-kusir... yah monggo, dipersilahkan.... kalau perlu, berdebat saja sampai mampus, hehehe #GakPentingBanget

Metode cantol-menyantol video ini tentunya saya pernah terapkan, contohnya bisa dilihat di link berikut ini [klik di sini].

Anda bisa pula menggunakan video-video lain yang nilai konversinya lumayan bagus seperti halnya contoh video di atas yang dalam hal ini video tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan DotCom Secrets X, yakni salah satu produk yang dijual di ClickBank Marketplace yang memiliki nilai gravity & popularity yang cukup bagus [silahkan cek dan buktikan sendiri di link ini].

Produk "Dotcomsecrets X" memiliki potensi pasar yang cukup bagus, menyediakan 7 day free-trial, nilai statistik rebill (recurring billing) yang lumayan besar (baik itu dari rata-rata persentase maupun total rebill-nya).
Nilai Avg $/sale tidaklah tetap, berubah-ubah seiring dengan naik-turunnya total sales/rebills.


Nyantol Trafik dari Situs dan/atau List Orang Lain

Nah, metode nyantol trafik ini adalah salah satu metode yang paling penting dalam urusan percantolan.

Mengapa trafik itu penting? Karena tanpa trafik, sebagus apapun desain maupun materi dalam situs Anda maka akan percuma saja bila trafiknya tidak ada!

Blog ini pun sebenarnya trafiknya gak jelek-jelek amet sih, tapi kayaknya kebanyakan pengunjung blog paling ngepet ini adalah semacam silent-visitors, jadi kesannya sepi dan tidak banyak yang komen, hehehehe.... malu-malu kucing barangkali. Mungkin dari gaya tulisan saya yang tanpa basa-basi dan cukup menAhok, eh maksudnya menohok, jadinya orang pada sungkan atau takut bakal saya gigit (emangnya saya vampir?).

Bila Anda googling di Google dengan kata kunci / keywords: "online ngepet" ataupun "ngepet online" (baik dengan tanda kutip maupun tidak), coba tebak yang peringkat no. #1 itu siapa??? Yah siapa lagi kalo bukan blog yang paling ngepet ini, hueheheheheuehuehuekkkk :p

Google's SERP for keywords "online ngepet" (click the image above to enlarge)

Google's SERP for keywords "ngepet online" (click the image above to enlarge)

Mari kita kembali sejenak ke pokok uraian cara nyantol konten video sebelumnya....

Setelah Anda membuat sebuah Landing Page atau Video Sales Letter (VSL) yang berisi video yang dicantol serta link afiliasi Anda (jangan pernah terlupa pasang link afiliasi Anda lho... kalau gak dipasang, lha komisinya bakal datang dari mana??), lalu tugas Anda kemudian adalah mendatangkan trafik ke Landing Page atau Video Sales Letter (VSL) Anda itu. Bagaimana caranya???

Ada banyak cara untuk mendatangkan trafik ke situs Anda, tinggal Anda mau pilih yang mana, itu terserah Anda!

Anda mau pakai cara WhiteHat SEO kek, BlackHat SEO kek, atau apalah apalah kek... itu pilihan Anda masing-masing.

Dalam dunia SEO atau Search Engine Optimization, ada banyak pakar SEO yang menyatakan:

"Content is the King!"

Kalau konten situsnya bagus, teks dan tulisannya menarik, videonya kualitas HD, dsb..... situs tersebut bisa dikatakan "SEO banget deh".

Tapi kalau Anda malas untuk tetap konsisten update rutin konten situs Anda, malas nulis, malas edit-edit gambar dan video.... maka Anda bukanlah orang yang tepat untuk belajar SEO. Ada banyak istilah-istilah dalam dunia SEO; seperti Backlinking, Long-Tail-Keywords, Web Submitting, Google Crawling, Index & Deindex, Duplicated ContentGoogle SlapsPR 0, PR 1, PR 2, dst... yang pastinya hanya akan membuat para newbies cuma bisa geleng-geleng kepala.

Trus, kalo gak jago SEO gak bisa jualan dong? Salah!!

Anda mau jago SEO atau tidak, jualan is jualan. Anda tidak harus menunggu untuk menjadi pakar SEO terlebih dahulu agar Anda bisa jualan online!

OKeh... halaman VSL (Video Sales Letter) sudah Anda buat, lalu apa selanjutnya?? Halaman konten isinya cuma video cantolan doank, plus link affiliasi.... gak SEO banget deh!!! Trus Anda langsung nyerah gitu aja? Sudah sana, bobo aja lagi....!!! Internet Marketing itu hanya cocok buat mereka yang pantang menyerah, selalu berpikir kreatif, dan berpikir "out of the box".

Dunia Internet adalah sangat dinamis, bahkan lebih dinamis daripada dunia tempat tongkrongan Anda sehari-hari. Cakupannya adalah seluruh dunia, dan tanpa batas! (Kecuali jika Anda benar-benar percaya bahwa batas itu ada). Anda bisa kontak seseorang, dari pedesaan/perkampungan tempat Anda tinggal hingga ke seseorang bule yang tinggal di metropolitan negara-negara luar sana, hanya dalam hitungan menit atau detik! Entah itu via email, teks/video chat, video conference, VoIP, Skype, YM, dsb. Entah hanya sekedar iseng, ataupun serius. Tak ada yang menghalangi Anda untuk mengontak personal / organisasi, kecuali Anda sendiri yang membuat batasannya.

Kok jadi ngelantur yah....

Oke... langsung saja.... nyantol trafik ada 2 macam:
  • Nyantol Trafik Gratisan
  • Nyantol Trafik Berbayar


Nyantol Trafik Gratisan

Trafik gratisan ada di mana-mana! Tapi tidak semua orang bisa meraba atau melihatnya. Nyantol trafik gratisan yang paling gampang dan legal adalah dengan memberikan komentar pada situs-situs orang lain. Tapi komentar bukan asal sembarang komentar.... kalau Anda tidak ingin menjadikannya sia-sia.... entah itu komentar tidak disetujui, dihapus, masuk ke spam-inbox, dsb.

Sebuah contoh nyantol trafik dengan cara berkomen di Video YouTube orang lain.
(Klik gambar di atas untuk memperbesar)

Penampakan pada gambar di atas, adalah salah satu contoh cara nyantol trafik, dalam hal ini di video YouTube-nya si Patric Chan. Dari gambar terlihat saya menulis beberapa komentar (dengan channel name / username yang berbeda-beda) di salah satu videonya si Patric Chan (Tahu khan siapa Patric Chan? Beliau yang punya produk "CB Passive Income" di ClickBank, salah satu produk yang cukup nge-hits selama bertahun-tahun terutama pada tema making money online).

Komentar-komentar yang tampak pada gambar di atas hanyalah sebuah contoh ilustrasi saja... sengaja saya buat hanya untuk para pemirsa blog paling ngepet ini. Silahkan Anda buktikan sendiri kebenarannya! Gampang kok tracing / searching-nya....

Sudahlah... sudah... lupakan sejenak soal Patric Chan dengan CB Passive Income 3.0-nya...

Di YouTube, setting atau setelan komentar ada yang dimoderasi dan adapula yang disetel tanpa moderasi (langsung auto-approve). Setelan komentar yang tanpa moderasi pun bukan berarti tanpa melalui spam-detector. Kalau Anda menyertakan link/tautan atau alamat email pada komentar, maka komentar tersebut biasanya akan "nyangkut" dulu di spam-inbox si empu-nya video yang Anda berusaha komentari, hingga pada akhirnya disetujui atau tidak komentar Anda tersebut adalah "hak prerogatif" si empu-nya video tersebut.

Dan walaupun komentar Anda langsung auto-approve dan pula lolos spam-detector, si empu-nya video yang Anda komentari pun bisa saja sewaktu-waktu menghapus komentar Anda, dengan sebab atau tanpa sebab apapun, itu haknya beliau! Jadi, jangan komentar yang tidak-tidak, atau berkomentar di luar batas kewajaran, link-spamming, dst.

Ada beberapa cara untuk membuat komen kita menjadi "Top comments" di YouTube; yakni banyakin Replies dan Thumb-Ups (jempol ke atas / likes).

Metode nyantol trafik dengan berkomentar ini pun juga dapat diterapkan serupa di beberapa situs-situs lainnya.....

Misalkan Anda ingin berkomentar di halaman situs-situs yang menuliskan artikel tentang "how to lose weight fast", maka biasanya orang-orang meng-googling dengan kata kunci pencarian: "lose weight", "weight loss", "fat loss", dst.

Semakin spesifik metode pencarian Anda, semakin mudah pekerjaan ngepet online Anda.

Contoh cara googling yang cukup spesifik:

Salah satu contoh cara googling yang cukup spesifik.

Dari skrinsut gambar di atas, tampak perpaduan antara Long-Tail-Keywords (dalam contoh di atas adalah "how to weight loss fast at home") dengan kombinasi keywords lainnya. Kenapa saya sisipkan keywords: "facebook comments plugin"?? (bisa pula dengan keywords: "comment with facebook / disqus / twitter", dst). Karena saya ingin agar mbah Google HANYA menampilkan hasil situs-situs yang memiliki facebook comments plugin tersebut, sehingga saya bisa langsung "auto-approve" berkomentar via akun facebook saya di situs-situs yang dimaksudkan. Dan untungnya berkomentar via facebook di situs-situs orang lain adalah; selain komentar Anda langsung "auto-approve", komentar Anda yang berisi link/tautan tidak akan pernah nyangkut di spam-inbox manapun! Jadi Anda "bebas nyepam" dengan akun facebook Anda, dan bahkan tanpa harus pula ditampilkan di Timeline jika Anda tidak menghendakinya. Perlu diingat, bahwa tidak semua link/tautan bisa di-posting via facebook, karena ada beberapa link yang di-blacklist oleh facebook.... ah, Anda tidak perlu berpikir atau mengetahui sampai sedetail atau sejauh itu, tidak penting itu, hehehehehe.

Dan dengan menerapkan metode yang serupa dengan nyantol trafik berkomentar di YouTube; untuk menjadi "Top Comments", komentar facebook Anda HARUS banyak yang nge-Reply dan nge-Likes!!! Caranya?? Pikir saja sendiri.... hehehehe... masa saya harus kasih tau sedetail-detailnya, ntar banyak pihak (yang punya banyak akun palsu) yang bakal kebakaran jenggot deh.... hehehehehe :p

Marketing is an art, and so Internet Marketing.

Pernahkah Anda melihat artis/model A, B, C, D, dst makan mie instan tertentu di beberapa iklan televisi?

Pernahkah Anda melihat artis/model A, B, C, D, dst yang sedang mengendarai motor bebek tertentu di beberapa iklan televisi?

Pernahkah Anda melihat artis/model A, B, C, D, dst yang sedang masuk ke dalam kamar mandi di beberapa iklan obat pencahar atau obat tetes pembersih kewanitaan tertentu di beberapa iklan televisi?

Pernahkah Anda melihat artis/model A, B, C, D, dst yang sedang apalah apalah apalah apalah di televisi??

Jika Anda renungkan masak-masak dan dalam-dalam, maka Marketing bukanlah hanya sebatas apa yang tampak secara harafiah, tapi lebih dari itu. Marketing adalah sebuah seni, begitupula dengan penipuan. Tapi Marketing samasekali bukanlah penipuan (kecuali memang si penipu yang sedang jualan; misalnya menjual produk sampah, dengan harga selangit, dsb).

Sampai saat ini, saya masih asik sibuk sebagai Affiliate Marketer, alias menjual produk-produk orang lain. Pasar yang saya bidik lebih kepada pasar yang berskala Internasional atau yang mayoritas berbahasa Inggris.
Kepada beberapa khalayak Internet Marketers lokal, saya cukup sering memberikan tips-tips secara cuma-cuma. Dari yang "gak pecah telor" bertahun-tahun sampai meraih ribuan dollar hanya dalam waktu yang cukup singkat. Dan saya tidak pernah menarik/memasang tarif apapun atas tips-tips saya, baik yang tertulis di blog paling ngepet ini maupun di inbox saya. Kurang baik apa saya??? Hehehehe...
Jadi kalau ada pihak-pihak yang bilang saya penipu, bawa saja mereka kepada saya biar saya bacok kepalanya yang gak ada isi otaknya itu... 

Anda mungkin ogah / belum sanggup bayar model fiverr yang kelasnya kelipatan $5 untuk mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi Anda... jika model fiverr tidak sanggup Anda bayar, apalagi sanggup bayar artis/model A, B, C, D, dst yang sering nongol di televisi??!! Betul bukan?? Tapi ah masa sih Anda tidak sanggup bikin akun baru?? Bikin akun baru di bank saja cuma butuh waktu beberapa menit saja, apalagi hanya sekedar akun-akun online "model" si A, B, C, D, dst.... hahahaha.. you've got my point, don't you???


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...