"Hari gini gesek-gesek BABI NGEPET?! KUNO B.G.T. Tauk!! Di jaman MODERN yang serba Go-Internasional ini, cukup gesek Kartu saja buat ambil duit dari hasil Online Ngepet se-Dunia!! Klik di sini untuk daftar Kartu buat Ngepet & dapatkan BONUS $25!!"
[Farid Primadi, praktisi Online Ngepet]

Monday, March 3, 2014

Cara Baca Analytics pada ClickBank Reporting

Daily Sales Snapshot
Baru saja, beberapa menit yang lalu, saya login pada salah satu akun ClickBank saya, tampilannya agak sedikit mengecewakan sih, tapi lumayan-lah.... hehehe.

Grafik sales-nya naik-turun... ada beberapa hari yang bahkan samasekali tidak ada sales... itu wajar! Jangan khawatir, tetap optimis... MERDEKA!!

Oh iya, beberapa hari yang lalu, ada salah satu kawan ClickBank'ers bertanya via Facebook messages, perihal tentang cara membaca Analytics pada akun ClickBank.

Berikut di bawah ini adalah hasil capture skrinsut-nya:





Contoh tampilan skrinsut Analytics pada salah satu akun ClickBank saya saat ini (selang 14 hari terakhir):

Klik gambar di atas untuk memperbesar

Dari gambar di atas, tampak kalimat "41 Items found, displaying 1 to 20", itu artinya: saya jualan / promo bukan hanya 1 produk vendor CB saja. Kalau perlu, usahakan untuk tiap bulan, bisa jualan / promo 5 - 10 produk CB. Jangan fokus hanya di 1 produk saja, karena gak setiap produk bakal dapat sales tiap bulannya.

Persentase konversi tertinggi dari gambar di atas adalah sebesar 12.50% (untuk produk Google Sniper), angka tersebut didapat dari (Initial Sales Count / Order Form Impression Count) x 100% =  (2 / 16) x 100% = 12.50 %.

Untuk produk Google Sniper tersebut, rata-rata Earnings Per Hop adalah sebesar $0.96, angka tersebut didapat dari pehitungan Initial Sales Amount / Hop Count = $78.72 / 82 = $0.96, dimana Hop Count adalah jumlah kunjungan ke situs produk vendor yang dimaksud (dalam kasus ini, sumber trafik-nya berasal dari video youtube yang saya pasang di salah satu channel YouTube saya).

Untuk perhitungan lainnya, rumusnya adalah sebagai berikut:

Net Sales Count = Gross Sale Count - (Refund Count + Cgbk Count)
dimana Cgbk Count adalah singkatan dari Chargeback Count.

Gross Sale Count = Initial Sales Count + Rebill Sale Count + Upsell Count

Net Sales Amount = Gross Sales Amount - (Refund Amount + Cgbk Amount)
dimana Cgbk Amount adalah singkatan dari Chargeback Amount.

Gross Sales Amount = Initial Sales Amount + Rebill Sale Amount + Upsell Amount

Refund Rate = (Refund Count / Gross Sale Count) x 100%

Cgbk Rate =  (Cgbk Count / Gross Sale Count) x 100%

dan seterusnya.... CMIIW :)


Sebagai penjelasan tambahan lainnya, simak pula tayangan gambar skrinsut di bawah ini:

Penjelasan tambahan, klik gambar di atas untuk memperbesar

Mudah-mudahan informasi ini, sedikit kurang-lebih, bisa mengurangi tanda-tanya di pikiran Anda sekalian ;)


Sukses terus yaaaa!!!
Jangan pernah menyerah dan teruslah berjuang sampai tetes darah penghabisan.... MERDEKA!!!


7 comments:

  1. Replies
    1. Thanks Ham... bisnis kuliner-nya makin sukses nih yee :)

      Delete
  2. Mf, gan numpang tanya. klu buat video youtubenya itu yg ada di SL vendornya?? atau kita buat sendiri dg menggunakan jasa Fiverr gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Video-nya bebas, bisa dari mana saja.... mau bikin sendiri, boleh... mau dari sales letter, juga boleh... mau dibuatkan oleh pihak ke-tiga, boleh juga...

      Sebenarnya inti dari video marketing itu bukan dari isi video-nya saja... tapi bagaimana video itu tampil sempurna, dengan kualitas gambar & isinya, judul & deskripsinya, likes & positive comments-nya, serta banyaknya views & subscribers.... sehingga dengan begitu, bisa memperoleh traffik & pembeli secara terus-menerus secara berkesinambungan.

      Sebagus apapun video-nya, tanpa didukung oleh pemanis2 lainnya (seperti views, likes, positive comments, dan subscribers) akan percuma saja... begitupun sebaliknya, jika muatan video-nya asal-asalan atau tidak menarik, juga akan sia-sia belaka.

      Buat si pengunjung menjadi sedikit penasaran & tertarik, sehingga meng-klik tautan/link yg tertera di deskripsi video tsb... selanjutnya, biarkanlah si vendor yg bekerja untuk anda :)

      Oleh karena itu, saya jarang upload video yg berdurasi terlalu panjang... agar pengunjung yg tertarik, tetap memiliki rasa penasarannya... video-nya yg singkat2 aja, asal relevan... dan bikin penasaran :)

      Delete
  3. [ASK] cara naruh kata kunci di sidebar itu ambil script nya dr mana ya om? ane nyari di gugeltren kok gak nemu :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil script-nya dari blog ini aja mas.... tinggal diliat source code-nya, trus kopas aja deh (sebaiknya pake cara view selected code, biar lebih 'targeted" script-nya... caranya? select beberapa baris pake mouse, lalu klik kanan, trus pilih view selected code)... script-nya cuma dikit kok, pake javascript dan iframe doang.... trus bisa di-custom parameter2nya, seperti geo ID-nya (=negara), jumlah result-nya, dst :p

      Delete
    2. Ada sedikit ralat... maksudnya View Selection Source, bukan view selected code... untuk mozilla firefox... browser yg lain mirip2 lah...

      Gini aja deh... daripada ribet, kopas aja script di bawah ini:

      <script type="text/javascript" src="//www.google.com/trends/embed.js?hl=in&geo=CODE_NEGARA&date=today+7-d&cmpt=q&content=1&cid=RISING_QUERIES_0_0&export=5&w=300&h=420"></script><iframe src="//www.google.com/trends/fetchComponent?hl=in&geo=CODE_NEGARA&date=today+7-d&cmpt=q&content=1&cid=RISING_QUERIES_0_0&export=5&w=300&h=420" style="border: none;" height="420" width="300"></iframe>

      dimana;
      CODE_NEGARA diisi dengan ID untuk Indonesia, UK untuk Inggris, CA untuk Canada, dst.
      Weight & height bisa diatur sesuai kebutuhan.
      Kalo ente paham HTML / Javascript, kode script di atas bisa diotak-atik sesuai selera :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...